Powered By Blogger

Selasa, 15 September 2015

Contoh kikir dalam keseharian

Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karunia-nya, mereka kikir dengan karunia itu dan ia berpaling dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran)... (At Taubah : 76).

Kikir itu terkadang adalah sifat yang manusia tidak sadari sering melakukannya. Ada beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari , contoh :

1. Ketika ada tetangga, saudara, kerabat atau bahkan seseorang yang kurang berkomunikasi dengan kita membutuhkan bantuan kita dalam hal materi ataupun lainnya. Ada beberapa dari kita yang akan malah merasa ketakutan atau curiga dan berkata " Ah, ngapain minjemin dia, dia itu deket kalau ada butuhnya. " atau " Mending bilang pura-pura ga ada aja deh, dia kan lagi susah takutnya ga dibalikin." atau " Dulu waktu aku susah dia kemana aja? Sekarang aku kaya baru muncul minta tolong." dan mungkin juga " Ngapain nolongin dia, kenal juga gak..".

2. Ketika muncul kewajibannya untuk berzakat maka orang tersebut akan berkata " Yang lain dulu ajalah, saya masih kurang" atau " Ini kan duit warisan cuma 300 juta bukan hasil kerja keras, gak wajib zakat kali." atau " Kebutuhan saya masih banyak, lain kali ajalah kurbannya." dan bahkan mungkin " Ngapain zakat, mending buat nutup kredit motor dulu atau beli burung kesayangan."

3. Ketika ada bocah kecil yang mengamen atau menjual koran kita hanya memandangnya melalui versi kita saja sehingga terkadang akan muncul perkataan " Cuma manjain doang ngasih anak kaya gitu mah, paling duitnya dipake nge-lem" atau " Gak usah dikasihlah, dia sebenarnya mampu cuma males aja" atau mungkin juga " Bodo amat lah saudara atau anak gw juga bukan "

4. Ketika melihat anak yatim piatu kita terlihat masa bodoh bahkan enggan meliriknya.

5. Bahkan terkadang kita lupa mendoakan orang tua kita sebagai sedekah. Yang kita doakan hanya diri kita sendiri atau anak istri kita saja.

6. Bahkan sedekah berupa senyum dan wajah ceria pun jarang kita berikan pada orang-orang yang kita temui.

Dan masih banyak contoh lainnya. Maka contoh mana yang pernah kita lakukan? Pernahkah? Bila iya maka syaitan telah menang atas dosa kita. Maka bertaubatlah dan mari buka pintu hati kita agar lebih dermawan. Jangan sampai menunggu hingga munculnya murka Allah SWT. Sesuai firmanNya “ harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat..”  (Ali Imran : 180)

Dari Jabir Inu Abdillah r.a. bahwa Rasulullah saw bersabda,” Jauhilah perbuatan zalim, karena kezaliman akan membawa kegelapan di hari kiamat. Dan jauhilah dari sifat kikir dan tamak , karena ia telah menghancurkan umat sebelum kalian. Ia telah mendorong mereka menumpahkan darah saudara mereka sendiri dan menghalalkan kehormatan mereka.. (HR Muslim)
Semoga Allah SWT selalu mengingatkan kita akan nikmatnya sedekah dan menjauhkan dari sifat kikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar